Tradisi apa Ngehabisi

Takjub ! Gue baru saja pulang dari tugas suci ( bantuin bokap ) motretin acara nikah diwilayah pelosok di Lumajang.
Ngerasa seneb sama tradisi disana yang sempet buat keadaan jadi rusuh, karena pengantin wanita pingsan hingga dibawa ke Rumah Sakit selang beberapa dentuman petasan rentengan yang bisa bikin telinga meler ( budek ) itu ucapnya tradisi setiap acara pernikahan disana, ngebuat acara itu jadi gak seperti pernikahan lagi, tepatnya acara pembunuhan secara elegan. 

Sempet nunggu, sempet nanya, dan sempet-sempetin buat motretin kejadian hingga bokap memutuskan untuk pulang karena emang gak bisa diterusin. Dan buat gue ini hal jarang gue temuin pas lagi motretin acara pernikahan semacam itu, apalagi trek jalan menuju ke sana yang bisa-bisa buat pantat gue kebakaran karena rusaknya jalan yang rata-rata kita lewati itu.

Dan menurut pandangan absurd gua ini, gue ngerasa Tradisi semacam itu jadi semacam Tradisi Ngehabisi. Ngehabisi harapan, mimpi, dan nafsu sang pengantin yang udah nunggu berjam-jam buat ngelakuin kenikmatan dunia tersebut. Haha. dan juga ngehabisi umat pengantin disana hingga pingsan, dan mungkin hingga tewas dengan biadabnya. Gak jarang pemberitaan di TV menggambarkan orang tewas karena petasan kan ? dan nggak jarang banget yang nggak liat.

Foto diatas diambil setelah petasan laknat yang buat kehebohan terjadi itu menggelegarkan telinga dan berpotensi mengakibatkan kebudekan dini. Efek getaran yang dibuatnya saja menyamai kentut sapi di Jerman yang hingga membuat ledakan hebat. Dan perlu disimpulkan dari pengalamn gue diatas bahwa petasan itu bahaya banget, baik efek pada fisik dan psikologis seseorang, terutama anak, karena apa ?. Hubungan sosial anak dalam bermasyarakat ketika remaja atau dewasa kelak akan mengedepankan tindakan dan sikap yang mengabaikan etika. Yapss, ini contoh buat para ibu yang mempunyai anak yang sedang mabuk petasan banget. Yang mengabaikan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Buat gue postingan gue kali ini cukup gitu aja, dan happy satnite buat yang lagi pacaran maupun kaum tuna asmara ( jomblo )

Comments

Popular Posts